SETTING MIKROTIK (speedy)


Skema Jaringan dan IP Address yang akan dibuat:

SPEEDY (Internet) –> Modem ADSL (IP modem=192.168.1.1) –> (IP ether1=192.168.1.2) Mikrotik Routeros (IP ether2=10.0.0.30) –> LAN (IP LAN=10.0.0.1 s/d 10.0.0.29)

IP Address LAN, kita gunakan network 10.0.0.0/27 (transfer data =27 bit untuk maks 30 IP Address/komputer).

Untuk Mikrotik RouterOS, kita perlu dua ethernet card. Satu (ether1 – 192.168.1.2/24) untuk sambungan ke Modem ADSL dan satu lagi (ether2 – 10.0.0.30/27) untuk sambungan ke LAN/switch.

Untuk Modem ADSL, IP kita set 192.168.1.1/24.

Pastikan Anda sebelum mengetikkan apapun, telah berada pada root menu dengan mengetikkan “/”

1. Set IP untuk masing² ethernet card:

ip address add address=192.168.1.2/24 interface=ether1
ip address add address=10.0.0.30/27 interface=ether2

Untuk menampilkan hasil perintah di atas ketikkan perintah berikut:
ip address print

Kemudian lakukan testing dengan mencoba nge-ping ke gateway atau ke komputer yg ada pada LAN. Jika hasilnya sukses, maka konfigurasi IP Anda sudah benar
ping 192.168.1.1
ping 10.0.0.30

2. Menambahkan Routing

ip route add gateway=192.168.1.1 (IP Gateway adalag IP modem)

3. Setting DNS

ip dns set primary-dns=203.130.193.74 allow-remote-requests=yes
ip dns set secondary-dns=202.134.0.155 allow-remote-requests=yes

Karena koneksi menggunakan Speedy dari Telkom, maka DNS yg kita gunakan DNS Telkom. Silahkan sesuaikan dengan DNS Telkom masing tempat  Anda berada.

Setelah itu coba Anda lakukan ping ke yahoo.com misalnya:
ping yahoo.com
Jika hasilnya sukses, maka settingan DNS sudah benar

4. Source NAT (Network Address Translation) / Masquerading.

Agar semua komputer yg ada di LAN bisa terhubung ke internet juga, maka Anda perlu menambahkan NAT (Masquerade) pada Mikrotik.
ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=ether1

Sekarang coba lakukan ping ke yahoo.com dari komputer yang ada di LAN
ping yahoo.com
Jika hasilnya sukses, maka setting masquerade sudah benar

5. DHCP (DynamicHost Configuration Protocol)

Supaya praktis, kita gunakan saja DHCP Server. Agar setiap ada klien yang ingin konek, dia ga perlu setting IP secara manual. Tinggal obtain aja dari DHCP Server, beres dah. Untungnya Mikrotik ini juga ada fitur DHCP Servernya. Jadi ya ga ada masalah… OK! Langkah2nya sbb:

Buat IP Address Pool
ip pool add name=dhcp-pool ranges=10.0.0.1-10.0.0.29

Menambahkan DHCP Network
ip dhcp-server network add address=10.0.0.0/27 gateway=10.0.0.30 dns-server=203.130.193.74,202.134.0.155

Menambahkan Server DHCP
ip dhcp-server add name=DHCP_LAN disabled=no interface=ether2 address-pool=dhcp-pool

Sekarang coba lakukan testing dari komputer klien, untuk me-request IP Address dari Server DHCP. Jika sukses, maka sekali lagi, settingannya sudah OK.

6. Bandwidth Control
Agar semua komputer klien pada LAN tidak saling berebut bandwidth, maka perlu dilakukan yg namanya bandwidth management atau bandwidth control
Model yg saya gunakan adalah queue trees. Untuk lebih jelas apa itu, silahkan merujuk ke situsnya Mikrotik. (http://mikrotik.co.id)
Kondisinya seperti ini:
Koneksi Speedy sekarang ini katanya speednya sampai 1Mbps/128kbps (Download/Upload). Untuk itu setingan bandwidth management nya bisa kita set sbb berikut:


Tandai semua paket yg asalnya dari LAN

ip firewall mangle add src-address=10.0.0.0/27 action=mark-connection
ip firewall mangle add connection-mark=Clients-con action=mark-packet new-packet-mark=Clients chain=prerouting new-connection-mark=Clients-con chain=prerouting

Menambahkan rule yg akan membatasi kecepatan download dan upload
queue tree add name=Clients-Download parent=ether2 packet-mark=Clients limit-at=0 max-limit=0
queue tree add name=Clients-Upload parent=ether1 packet-mark=Clients limit-at=0 max-limit=0

Nilai download dan upload  kita set “0″ (nol) dengan tujuan agar bandwidth yang kita dapatkan tidak terbatasi. Karena pada saat-saat tertentu speed speedy bisa mencapai 1,5Mbps. Jadi kalo kita set maks=1mbps maka speed yang kita dapatkan hanya mentok 1mbps saja. rugikan :-D

Sekarang coba lakukan test download dari beberapa klien, mestinya sekarang tiap2 klien akan berbagi bandwidthnya. Jika jumlah klien yg online tidak sampai 10, maka sisa bandwidth yang nganggur itu akan dibagikan kepada klien yg online.

7. Graphing
Mikrotik ini juga dilengkapi dengan fungsi monitoring traffic layaknya MRTG biasa. Jadi kita bisa melihat berapa banyak paket yg dilewatkan pada PC Mikrotik kita.
tool graphing set store-every=5min

Berikutnya yang akan kita monitor adalah paket² yg lewat semua interface yg ada di PC Mikrotik kita.tool graphing interface add-interface=all store-on-disk=yes

Sekarang coba arahkan browser anda ke IP Router Mikrotik (IP ether2 yang ke LAN)
http://10.0.0.30/graphs/
Nanti akan ada pilihan interface apa aja yg ada di router Anda. Coba klik salah satu, maka Anda akan bisa melihat grafik dari paket2 yg lewat pada interface tersebut.

Sampai disini kita telah selesai melakukan setting mikrotik dasar untuk koneksi speedy. Untuk penambahan konfigurasi selanjutnya dapat kita lihat di posting selanjutnya.

by: demarthawhy

About these ads

43 Comments

  1. thanks bro….
    gue kebetulan juga baru belajar install mikrotik untuk speedy gw dirumah…
    nice info…keep posting

    trims….n salam knal

    • di rumah pake Mikrotik buat apa ?
      kan biasanya di warnet ?
      meskipun gak pake mikrotik gk nge-lag kan ?

  2. saya coba melakukan ping ip speedy dari client koq nggak bisa ya ??

  3. Apakah pada firewall>>NAt>>masqurade nya sudah buat mas..agar bisa client melewati si mikrotik?

    ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=ether1

  4. terima kasih atas info nya.
    kebetulan saya sedang membuat warnet dengan router mikrotik RB450. sampai tahap ini so far so good.
    sekarang saya sedang mencoba menggunakan 2 speedy.
    kalo boleh tolong bantuannya untuk posting berikut nya.
    thank’s a bunch.

  5. to: MAX1MUS

    ok bos..
    ntar akan saya posting..
    terima kasih telah mampir..
    salam kenal

  6. wow..
    makasih bos..
    tutorial nya simpel n keren abizz..
    gw baru belajar n mikrotik gw dah jalan dengan suksesnya..
    thanks yah…

    salam-xoxo

  7. speedy speed 1Mbps jarang tercapai bro….. mentok2′a paling 800Kbps :))

  8. yup..bener sekali..
    tapi.. gpp…kita set “0″ nol aja
    biar lebih plong…

    sapa tau kan..hehe…
    thanks atas kunjungannya…

  9. mas, settingan diatas udah dengan manajemen bandwidth sama rata buat semua client ya? bisa diaplikasiin buat warnet pake speedy yg campur browsing+game ga ya?
    btw, kalo setting bw management yg pake parameter burst itu apa ya? Tq

    • yd diatas itu blom mas,, itu masih standar..
      setingan untuk wrnet perlu di set firewal..queue nya..

  10. to: iyux

    yang setingan diatas belum di set manajemen bandwidth nya mas. itu baru konfigurasi standar. untuk manajemen bandwitdh pilihannya ada 2. bisa pake PCQ (otomatis manajemen per connection client) ato SIMPLE QUEUE (yang di limit per client). Kalo ntuk game online lebih baik pake SIMPLE QUEUE. ditambah dengan conection mark n packet untuk port game. (mangel n firewall nya..)

  11. mas, kenapa pake server mikrotik sering destination net unreacable, kadang harus menunggu lama baru konek lagi, salahnya dimana ya? trims

  12. oh ya??
    kalo destination unreachable berarti gak da koneksi ke lancard nya mas..
    bisa jadi lancard, swtich ato kabel nya bermasalah. coba dicek lagi mas. :-)

    thanks

  13. bro itu di set 0 yakin tuh dia ngebagi sendiri ???

    di set 0 ngaruh ga ?? apa mending di tulis aja 1 mb ?”

  14. mksdnya 0 diatas kita tidak membatasi limit bandwidth yang kita inginkan. jadi istilahnya unlimited.

    ditulis 1000k atau 1MB juga gpp kok mas. lagian akhir2 ini speedy jarang sampe speed 1MB. kalo disini mentoknya palingan 700an.

    untuk pembagian bandwidth nya nt bisa menggunakan PCQ ato simple queue.

  15. om sya tertarik nih..tpi sya ga bisa setting nya….. sya pke speedy paket familly unlimited terus kecepatan download asal nya 100 kbps kok jdi 12kbps tolong kasih taw langkah pertama nya masuk ke program apa…?

  16. Asslmmualikum…
    Salam kenal dari newbe….settingan diatas pake mode bridge atau PPoE, modemnya? Kalo untuk settingan dengan modem PPoE gmana ya. Soalnya LAN speedy sy ga sa di bridge, kalo dibridge koneksinya terputus2.Terimaksih mohon pencerahannya…

  17. Thanks om infonya,,,,

    untuk penginstalan Microtiknya gmana caranya om,,,,apa di perlukan hardisk kosong,,,mohon om di balaz ke email saya.

    • install mikrotiknya sama dgn install windows..booting dr cd..
      yg pasti diperlukan hardisk.. nanti hdd itu tetap akan di format oleh mikrotik mas,.,,

  18. bos mo tanya2 dikit nih
    aku dah isntal mikrotik 2.9.27 dan sukses tapi web proxy nya ko ga berfungsi yah aku kan pengen ngeblok situs2 porno, gimes online, judi online poko nya yang kira2 akan merusak anak2 soal nya aku buat di sekolah.
    di tunggu jawabnya
    terima kasih banyak

    • On Tue, Dec 29, 2009 at 8:03 AM, comment-reply@wordpress.com wrote:

      >

      • web proxy nya yakin running mas?
        trs di firewall nat nya sudah di redirect port 80 ke port proxy (80 -> 8080)

  19. saya pemain baru dalam dunia warnet,saya menggunakan isp speedy,,, begini tipologinya
    speedy—–>mikrotik——>hub—–> client
    saya menggunakan 6 client.

    ip modem 192.168.1.1

    ip mikrotik lan0—> modem :192.168.1.2/24
    ip mikrotik lan1—-> hunb :192.168.0.1/24
    setting ip client:
    ip address:192.168.0.2/3/dst

    saya menggunakan settingan mikrotik standar.. tdk pk proxy dll.yg penting bisa ngatur bandwith maksudnya..
    —garis besar nya..—
    setting gateway :192.168.1.1
    untuk natnya :chain :scarnat
    outinterface: speedy (lan0)
    action:masquerade
    pengaturan bandwith pake simplequeque masing2 ip 256kb
    —- semua client bisa “conect internet”
    pertanyaanya:
    dari client saya coba ping 192.168.1.1 -t ke modem tidak ad rto,jika saya tidak menggunakan browes atau download…. saya mulai buka mozila —> google.com masi tidak ad rto untuk ping ke modemnya … kemudian saya buka facebook main poker/ ngedownload mulai ping yg ke modem itu ad rto nya,, mungkin ad sedikit tp lama2 jd lumayan banyak … khan mengganggu poker ,saya penasaran apakah modemnya yg rusak.. lalu saya tidak memakai mikrotik , speedy—–>hub—–> client,nah saya coba lg main poker dan download ,dan hasil ping ke modem tidak ad yg rto 1pun alias bagus.tp saya ingin memakai mikrotik mas.gimana yah mas caranya.apa memang begitu mas ad rto ke modem jika saya pake download/beban agak berat (poker)…. tp saya liat di simplequeque ip client yg rto itu ngga merah mas (melebihi 256kb) .saya menggunakan speedy 1mb.aduhhhh jd yg poker lag,gara2 ad rto ke jalur modem… mohonnnnnn pencerahannnn ,, takut konsumen kabur,,, mas master2 tolongin dounks da ganteng… strreeeeess tingkat tinggi… lancard dah d ganti semuaaaa,,,,,tp ttp… setingan kabel nya langsung dari teknisi speedy,,,, tollooooonngggg

    • maap pesannya br saya baca mas..

      1.sebelummya dwarnet mas menggunakan modem merk apa? kalo saran saya sebaiknya mas menggunakan modem merk 3com.

      2.mengenai ping rto ke modem itu akibat bandwidth yg terlimit msg2 client.ktika 1 komp memiliki bbn penuh maka sistem antrian simple queue beraksi..akibatnya cpu ybs rto ke modem. sebaiknya kalo mas memiliki wrnet yg hny utk browsing.poker download.tdk utk game online spt point blank.pw indo..gunakan aja setingan pcq utk limit bndwidthnya. 3.coba gnti hdd

  20. Salam kenal mas, saya punya warnet saya menggunakan 2 line speedy, saat ini saya gunakan setingan di gate way nya saja semuanya ada 10 komputer jadi kom 1 – 5 ke gate way 192.168.1.1 dan yang 6 – 10 ke gate way 192.168.1.2 , yang ingin saya tanyakan, saya ingin menggunakan mikrotik sebagai load balancing bagaimana setingan lengkap dan topologinya. Saya mohon bantuan dan pencerahannya.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

    • ok mas,, nanti saya posting cara2 menggabungkan 2line speedy..
      lg banyak kerjaan yg kejar deathline mas..hehe smuanya pada minta cepat warnetnya di disiapin…buat onlen aja susah…

      thanks telah berkunjung

  21. oke bro, tks tutornya ya……
    Trus mau nanya nih, saya skrg lg coba buka hotspot dikampung, saya pake speedy, trus pake IP DHCP, bisa minta tolong kasih tau cara nyetingnya gak mas….., tks….

  22. mas saya sdh stting spt yg mas berikan tapi ko masaih destination net uncrechable apa yg salah mas

    • Speedy emang suka destination unreachable. Pengalaman banyak orang kek gitu (termasuk saya :P). coba aja restart modem kadang2 suka normal lagi. biasanya kalo udah mule siang tuh.. kumat

      • ping nya ke mana dulu mas??
        kalo ke modem (mis. 192.168.1.1) unreachable coba pastikan benar gak setingannya.
        atau lancardnya apakah benar pemasangan n tidak rusak (ke detek apa gak??).

        kalo ke dns speedy unreachable pastikan dulu modem sukses dial ppoe gak tanpa router??

  23. Oh iya mas saya mau nanya. Sebelumnya saya udah seting mikrotik mirip sama yang mas kerjain. Nah langsung saya test colok dari server (eth2) ke laptop. Dan dicek DHCP ternyata jalan. Nah pas besoknya saya set modem speedy ke bridge, trus disable DHCP modemnya dan test langsung dari modem speedy ke server (eth1). Ternyata gk connect dan setelah itu setingan modem saya atur ke semula (PPoE dan DHCP) ternyata jalan. Nah pas saya test server(eth2)>switch>laptop eh ternyata DHCP gak jalan, dan ngeping ke ip eth2 gak bisa(rto). gw jadi bingung. menurut mas kenapa? soalnya menurut saya sih itu karena gk bisa ngeping…

  24. oh iya masalahnya udah beres. ethernetnya yang bermasalah…

  25. amat sangat membantu, makashi banyak kang, atas postingnya, lam knal dri saya, akhir mikrotik aku bisa jalan juga, moga sukses truz deh buad akang ^^

  26. bagus banget artikelnya.. saya pengen nanya kl tambahin dengan PCQ apa ga masalah jika saya tambahkan perintah2 berikut

    > /ip firewall mangle add chain=forward src-address=192.168.169.0/28 action=mark-connection new-connection-mark=NET1-CM
    > /ip firewall mangle add connection-mark=NET1-CM action=mark-packet new-packet-mark=NET1-PM chain=forward
    > /queue type add name=downsteam-pcq kind=pcq pcq-classifier=dst-address
    > /queue type add name=upstream-pcq kind=pcq pcq-classifier=src-address
    > /queue tree add parent=LAN queue=DOWNSTREAM packet-mark=NET1-PM
    > /queue tree add parent=INTERNET queue=UPSTREAM packet-mark=NET1-PM

    maaf sebelumnya. saya masih pemula..

  27. salam kenal mas. mas, untuk game on line, apa sama settingan mikrotikna dengan browsing? trs cara untuk memblok situs porno ato web2 yg tidak d inginkan, carana bgaimana mas?? maaf mas masih baru belajar router.. mohon penjelasannya…

  28. Bos saya baru buka warnet utk game online
    saya mempunyai 15 unit kompi , 14 unit utk client dan 1 nya sebagai server (saya menggunakan indobilling) , 2 modem Linsys AG 241 , 1 switch TP Link SG1024 D dan 1 mikrotik router RB450

    mohon bantuan settingan (topologi )agar saya mendapatkan jaringan yg stabil
    terima kasih atas bantuannya
    salam sukses.. :)

  29. Hello, i believe that i noticed you visited my site so i got here to “go back the prefer”.I am trying to in finding issues to improve my site!I suppose its ok to make use of some of your ideas!!

  30. NAT sdh srcnat dan masquerade ether1, tp ping dari PC client ke192.168.1.1 gk bs, namun
    klo dari new terminal bs, np ya ?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.